Home Berita 38 Tahun Purwareja : Potensi Seni Budaya Lokal Sebagai Alat Komunikasi dan Ajang Silaturahmi

38 Tahun Purwareja : Potensi Seni Budaya Lokal Sebagai Alat Komunikasi dan Ajang Silaturahmi

by Admin Kominfo

Lamandau Bergerak Cepat (LBC) – Bupati Lamandau Hendra Lesmana menghadiri acara Syukuran dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 38 dan Hari Jadi Desa Purwareja yang ke 20 bertempat di Sanggar Seni Pakuwujo Desa Purwareja Kecamatan Sematu Jaya, Rabu malam (22/06).

Desa Purwareja merupakan desa yang penduduknya mayoritas berasal dari program transmigrasi penduduk pulau jawa yang di tempatkan di wilayah Nanga Bulik Kecamatan Bulik Kabupaten Kotawaringin Barat dan ditetapkan pada tanggal 22 Juni tahun 1984 lalu dengan penamaan awal yaitu Eks Transmigrasi 1C.

Kemudian pada tanggal 20 Oktober 2001 Desa Purwareja di tetapkan sebagai desa definitif dan disahkan oleh Wakil Bupati Kotawaringin Barat pada masa itu dan ditetapkan dengan SK Bupati Kotawaringin Barat pada tahun 2001.

Mengangkat tema “Membangun Karakter Kemandirian Desa Untuk Mewujudkan Purwareja Asri” dan sub tema “mengangkat potensi seni budaya lokal sebagai alat komunikasi dan ajang silaturahmi berbagai kalangan adat-istiadat, suku, ras, agama dan budaya menjadi satu kesatuan yang utuh”.

Bupati Lamandau menyampaikan bahwa sebagai desa yang mandiri, Purwareja harus berinovasi sehingga dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya di Kabupaten Lamandau, “kegiatan yang kita lakukan hari ini esensinya tidak hanya berkontribusi pada sektor budaya saja namun juga akan berefek pada ekonomi masyarakatnya”, kata Bupati.

Bupati Lamandau juga berharap semakin bertambahnya usia, Desa Purwareja akan semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan Hibah barang milik daerah Pemerintah Kabupaten Lamandau kepada Pengurus Sanggar Budaya Pakuwujo sebesar Rp 380.364.000.

Dilanjutkan hiburan kesenian Rakyat wayang kulit semalam suntuk dengan mengangkat cerita “Pandu Swargo” oleh Ki Dalang Geger Saptono dari kota Boyolali Jawa Tengah di dukung oleh Kerawitan Pulwolaras Sematu Jaya.

Turut Hadir Anggota DPRD Provinsi, Anggota DPRD Kabupaten Lamandau, Unsur Forkopimda, unsur Forkopimca, Camat Sematu Jaya, Kepala Desa dan Ketua BPD se Kecamatan Sematu Jaya, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan undangan Lainnya. (Diskominfostandi)

Total Page Visits: 22 - Today Page Visits: 1

Related Articles

Leave a Comment