Home Berita Audiensi Pembangunan BTS Non 3T, Percepat Sinyal Internet 4G Masuk Desa

Audiensi Pembangunan BTS Non 3T, Percepat Sinyal Internet 4G Masuk Desa

by Admin Kominfo

Lamandau Bergerak Cepat – Dalam rangka percepatan Pembangunan Infrastruktur bergerak seluler di Desa/Kelurahan di Kabupaten Lamandau yang diidentifikasi oleh sinyal Internet pita pilar berbasis teknologi 4G/LTE maka Pemerintah kabupaten lamandau mengadakan Audiensi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui penyelenggara jaringan bergerak seluler PT Protelindo yang dipimpin oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Sekretaris Daerah Ray Paskan di Aula Setda Kabupaten Lamandau, Jum’at (22/04).

Terdapat dua poin pembahasan yang ditekankan pada audiensi tersebut diantaranya mengenai lokasi tower yang masuk dalam kawasan kehutanan, serta membahas sewa lahan tempat BTS (Base Transceiver Station) yang akan di bangun di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Belantikan Raya di Desa Sungai Buluh, Kecamatan Bulik Timur di Desa Batu Tunggal, Desa Merambang, Desa Pedongatan, Desa Sungkup, Desa Toka, di Kecamatan Bulik yang meliputi Desa Nanga Pamalontian dan Kecamatan Lamandau di Desa Suja serta Kecamatan Menthobi Raya di Desa Lubuk Hiju.

Ray Paskan mengatakan bahwa tujuan Pemerintah Daerah mengadakan audiensi adalah untuk mencari solusi atau jalan keluar yang ada di lapangan guna mempercepat pembangunan dan mendukung program Pemerintah Pusat dan daerah.

Kadis Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lamandau, Ganti Phaing Kanisa dalam laporannya menyampaikan bahwa di Kabupaten Lamandau masih terdapat 56 titik blank spot desa/kelurahan dan sebanyak 34 titik desa/kelurahan yang sudah terkoneksi jaringan namun belum sinyal 4G/LTE.

Pihaknya juga menambahkan bahwa wilayah kecamatan Delang sudah terbangun lima tower BTS di lima desa, “bercermin pada pelaksanaan pekerjaan beberapa BTS yang menimbulkan masalah terkait dengan perizinan yang masuk kawasan dikemudian harinya, sehingga kemudian PT Pertalindo memperketat regulasinya untuk menyelesaikan terlebih dahulu keberadaan hak wilayah atau tanah sebelum diadakan pekerjaan pembangunan”, tambah Kadiskominfo.

Salomo selaku Plt Kades Lubuk Hiju menyampaikan jika keberadan jaringan seluler sangat dirindukan dan didambakan masyarakat desa yang saat ini dipimpinnya, ia bahkan mengatakan salah satu warganya siap menunda pembayaran sewa untuk lahan agar tower tetap dapat berdiri demi masuknya jaringan telekomunikasi di desa Lubuk Hiju.

Turut hadir perwakilan PT Protelindo, Camat Menthobi Raya, Camat Belantikan Raya, Sekcam Bulik Timur, perwakilan dari Kecamatan Lamandau, serta delapan orang Kades dari desa yang terkait, dan Kabid Infrastruktur dan Jaringan Diskominfo Lamandau. (Diskominfo Lamandau)

Total Page Visits: 57 - Today Page Visits: 1

Related Articles

Leave a Comment