Home Berita Hadiri Munas AKPSI, Bupati Lamandau : Kita Perjuangkan Kesejahteraan Petani Kelapa Sawit

Hadiri Munas AKPSI, Bupati Lamandau : Kita Perjuangkan Kesejahteraan Petani Kelapa Sawit

by Admin Kominfo

Lamandau Bergerak Cepat (LBC) – Bupati Lamandau, Hendra Lesmana perjuangkan peningkatan harga TBS serta kesejahteraan Petani Kelapa sawit dalam Musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indonesia (AKPSI).

Hal tersebut disampaikan Bupati Lamandau disela-sela mengikuti kegiatan Munas AKPSI, Sabtu (16/07) di Jakarta.

“Kita akan perjuangkan peningkatan harga TBS serta kesejahteraan Petani Kelapa sawit dalam Munas AKPSI ini”, kata Bupati.

Agenda utama Munas AKPSI yaitu komitmen bersama daerah Kabupaten penghasil sawit dalam memperbaiki tata kelola sawit nasional. Kesejahteraan petani kelapa sawit menjadi salah satu prioritas dalam Munas AKPSI.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan bahwa AKPSI harus menjadi regulator dan harus mampu menjembatani masyarakat dengan pemerintah ataupun stakeholder lainnya.

Munas ini juga dirangkai dengan pelantikan pengurus AKPSI periode 2022-2027 dengan anggota 160 kabupaten penghasil sawit dari 21 provinsi di Indonesia.

Prosesi pelantikan sendiri dilakukan oleh Mendagri yang juga sebagai dewan pembina APKSI.

Sementara itu, Ketua AKPSI terpilih yaitu Yulhaidir Bupati Seruyan. Sedangkan Bupati Lamandau menjabat sebagai Sekretaris Umum I AKPSI.

“Segera rumuskan langkah-langkah strategis terkait tata pengelolaan sawit terutama terkait anjloknya harga jual TBS saat ini, agar dapat normal kembali seperti kondisi harga beberapa bulan lalu. Lakukan pengawasan terhadap PKS yang ada di daerah agar tidak merugikan petani,” pesan Tito Karnavian

Dikesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa Industri Kelapa Sawit di Indonesia merupakan salah satu industri strategis dan merupakan penghasil ekspor terbesar.

“Perbaikan tata kelola yang berjalan saat ini menjadi langkah penting untuk mengoptimalkan peran kelapa sawit bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan ekonomi nasional”, kata Menko Maritim dan Investasi. 

Turut mendampingi Bupati Lamandau, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lamandau (Diskominfostandi)

Total Page Visits: 14 - Today Page Visits: 1

Related Articles

Leave a Comment