Home Berita HARGANAS 2022, Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting

HARGANAS 2022, Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting

by Admin Kominfo

Lamandau Bergerak Cepat (LBC) – Memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) XIX yang jatuh pada tanggal 29 Juni setiap tahunnya, kali ini diselenggarakan dengan kegiatan “Gerebek Stunting” (Gerakan Berkunjung ke Keluarga Berisiko Stunting).

Harganas ke-29 Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tahun ini mengangkat tema “Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting” yang berfokus pada penurunan angka stunting dan untuk wilayah Kabupaten Lamandau TP-PKK Kabupaten Lamandau bersama Dinas terkait yaitu Dinas P3AP2KB Kabupaten Lamandau dan Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan melakukan kunjungan ke rumah-rumah anak yang berisiko stunting dan ibu hamil dengan status Gizi KEK (Kekurangan Energi Kronik) yang ada di kelurahan Bulik dan Desa Kujan dengan menyerahkan Bantuan Makanan Tambahan (BMT) berupa susu, telur, buah dan biskuit.

Terdapat 8 rumah anak berisiko stunting dan 5 rumah ibu hamil dengan status Gizi KEK yang di dikunjungi pada hari ini, rabu (29/6), dan rencananya kunjungan ini akan berlanjut hingga satu minggu kedepan.

Ketua TP- PKK Kabupaten Lamandau Ny Rusdianti Hendra Lesmana mengatakan bahwa Gerebek Stunting ini terselenggara dikarenakan pihaknya menginginkan di Kabupaten Lamandau tidak ada lagi anak-anak yang stunting, serta meminimalisir bertambahnya angka stunting dan membantu mensosialisasikan kepada para orang tua yang belum mengerti apa itu stunting.

Perwakilan BKKBN Kalteng juga menyampaikan bahwa tujuan diadakannya gerebek stunting ini memberikan pemahaman kepada masyarakat dan seluruh stakeholder bahwa pencegahan atau penurunan angka stunting sangat penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, BKKBN juga menegaskan bahwa tidak lagi menyampaikan dua anak cukup tetapi menyampaikan dua anak lebih sehat, boleh lebih dari dua yang penting sehat dan berkualitas.

Dukungan 202 Paket Pemberian Makanan Tambahan ( PMT) dari seluruh OPD di lingkungan Pemkab Lamandau dan seluruh stakeholder terkait di wilayah Kabupaten Lamandau merupakan dukungan dalam rangka peringatan Harganas ke-29 tahun 2022 dan sebagai momentum dalam upaya pencegahan serta pengurangan angka stunting di Kabupaten Lamandau.

Turut mendampingi Kepala Dinas P32AKB, Perwakilan BKKBN Provinsi Kalteng, Puskesmas Bulik dan Lurah Bulik. (Diskominfostandi)

Total Page Visits: 20 - Today Page Visits: 1

Related Articles

Leave a Comment