Home Berita Hari Jadi Ke-24, Wujudkan Desa Mukti Manunggal Berkarya

Hari Jadi Ke-24, Wujudkan Desa Mukti Manunggal Berkarya

by Admin Kominfo

Lamandau Bergerak Cepat ( LBC) – Bupati Lamandau Hendra Lesmana didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Lamandau Ny Rusdianti Hendra Lesmana beserta rombongan, hadir pada kegiatan Hari Jadi Desa Mukti Manunggal yang Ke-24, yang bertempat di Embung Tirto Kusumo Kecamatan Menthoby Raya, dengan mengangkat tema “Mukti Manunggal Berkarya”, Sabtu (18/06).

Desa Mukti Manunggal merupakan desa transmigrasi yang terbentuk berdasarkan SK Menteri Transmigrasi tahun 1995 tentang sebuah Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) yang diberi nama UPT H Nanga Bulik 4H SP (Satuan Permukiman) 3, yang selanjutnya UPT tersebut di tempati penduduk dari berbagai daerah yang didatangkan dari berbagai etnis suku yang ada di Indonesia, terutama dari penduduk lokal di wilayah Kalimantan, penduduk Jawa, Madura, dan Sunda.

Berdasarkan perjalanan panjang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan para Sesepuh Desa Mukti Manunggal, bersama Pemerintah Daerah bermusyawarah mufakat bersama tercapailah kesepakatan penetapan hari jadi Desa Mukti Manunggal pada tanggal 18 Juni 1998.

Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa peringatan hari jadi merupakan momen untuk pengingat diri atas perbuatan yang telah dan akan dilakukan dimasa yang akan datang, termasuk didalamnya ucapan rasa syukur yang dapat dituangkan pada sebuah perayaan sederhana.

Bupati Lamandau juga mengingatkan tentang pentingnya tiga pilar dalam pembangunan suatu daerah yaitu adanya keterlibatan masyarakat, kemudian pemerintah dan dunia usaha, yang apabila hubungan ketiganya dimaksimalkan kesulitan apapun yang sedang dihadapi daerah tersebut bisa dicari solusinya.

Pada rangkaian peringatan hari jadi tersebut juga diserahkan Surat Tanda Daftar Usaha Budidaya Tanaman Perkebunan (STD-B) kepada Desa Bukit Raya dan Desa Bukit Makmur, selanjutnya Bupati Lamandau juga melakukan penanaman bibit buah di tanah desa dan pelepasan bibit ikan di kolam desa.

Turut Hadir Anggota DPRD Dapil 3, Distakan Kabupaten Lamandau, unsur Forkopimcam, Camat Menthobi Raya, Kepala Desa dan Ketua BPD se Kecamatan Menthobi Raya, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya. (Diskominfostandi)

Total Page Visits: 28 - Today Page Visits: 1

Related Articles

Leave a Comment