Home Berita Peringatan HLUN Ke-26, Pemkab Adakan Vaksin Massal dan Bazar Lansia

Peringatan HLUN Ke-26, Pemkab Adakan Vaksin Massal dan Bazar Lansia

by Admin Kominfo

Lamandau Bergerak Cepat (LBC) – Pemerintah Kabupaten Lamandau melalui Dinas Sosial berkerja sama dengan TP PKK Kabupaten Lamandau dan Dinas Kesehatan, menggelar Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-26, yang di hadiri oleh Bupati Lamandau Hendra Lesmana serta di dampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Lamandau Ny Rusdianti Hendra Lesmana, di Lapangan Kartawana Kelurahan Nanga Bulik, Jum’at (10/06).

Dengan tema “Lansia Sehat, Indonesia Kuat ” dan sub tema “Lanjut Usia Bahagia, Lamandau Juara”, ini mengandung arti bahwa negara memiliki perhatian pentingnya mewujudkan lanjut usia mandiri, sejahtera dan bermartabat sebagaimana tertuang dalam Strategi Nasional (Stranas) kelanjutusiaan.

Diawali dengan senam bersama, HLUN juga dirangkai dengan kegiatan Bazar Lansia, UMKM, stand medical checkup lansia serta pemberian vaksin booster.

Bupati Lamandau mengatakan bahwa peringatan HLUN tersebut telah ada sejak pencanangannya tahun 1996 lalu, dan ditetapkan pada tanggal 29 Mei sebagai HLUN adalah sebagai bentuk penghargaan terhadap nilai historis dan strategis bangsa Indonesia.

”Saya berharap agar seluruh masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam mewujudkan lanjut usia yang mandiri yang tidak bergantung pada orang lain dan dapat menjadi teladan untuk menjunjung tinggi martabat para lanjut usia”, ucap Bupati.

Dinsos Kabupaten Lamandau telah melaksanakan beberapa program kegiatan terkait peningkatan kesejahteraan lanjut usia dalam rentang waktu 2019 s/d 2022 diantaranya Usaha Ekonomi Produktif (UEP), Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD), atensi lansia, bedah kamar lansia, free payment lansia, serta pembagian sembako bagi lansia, dan seluruh program tersebut sedang di upayakan pemerataannya di seluruh wilayah desa/kecamatan.

Plt Kepala Dinas Sosial dalam laporannya mengatakan jika peringatan HLUN ini di selenggarakan dengan bertujuan agar terciptanya kebersamaan antara Pemerintah Kabupaten dengan lansia, meningkatkan mental healthy lansia.

Kegiatan diikuti sebanyak 50 orang peserta yang berasal dari Kelurahan Bulik, Desa Bukit Indah dan Desa Tri Tunggal, serta dihadiri pula oleh sejumlah unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Kepala OPD, Camat Bulik, Camat Sematu Jaya, ketua TP-PKK Bulik, Lurah Bulik, Kades Bukit Indah, Kades Tri Tunggal dan undangan lainnya. (Diskominfostandi)

Total Page Visits: 51 - Today Page Visits: 1

Related Articles

Leave a Comment