Home Berita Sambut Idul fitri 1443 H, Polres Lamandau Gelar Apel Pasukan Operasi “KETUPAT Telabang 2022”

Sambut Idul fitri 1443 H, Polres Lamandau Gelar Apel Pasukan Operasi “KETUPAT Telabang 2022”

by Admin Kominfo

Lamandau Bergerak Cepat ( LBC) – Dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 H pada masa pandemi Covid-19 di wilayah hukum Polres Lamandau, maka dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi “Ketupat Telabang 2022” di Lapangan Mako Polres Lamandau, dan serentak diseluruh jajaran Polri se Indonesia, Jum’at (22/04).

Sebagai perwujudan sinergi antara Polri dengan Pemerintah Daerah untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H/2022 M, Bupati Lamandau Hendra Lesmana turut hadir serta bertindak sebagai Inspektur Upacara pada gelaran apel tersebut.

Perayaan Idul Fitri menjadi momentum bagi mayoritas masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan berkunjung, bersilaturahmi dan berkumpul dengan keluarga serta kerabat, dan pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443 H / tahun 2022 pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri pada tanggal 29 April dan tanggal 4 sampai dengan 6 Mei 2022.

Berbeda dengan dua tahun terakhir di saat pandemi Covid-19, Idul Fitri tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakan dan melakukan perjalanan hilir mudik serta tidak dilakukan penyekatan di jalur-jalur lintasan antar daerah.

Polri dengan dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan Operasi “Ketupat Telabang 2022” yang dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 28 April 2022 sampai dengan 9 Mei 2022, dengan fokus pengamanan kurang lebih 101 ribu objek di seluruh Indonesia baik masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun Kereta Api dan bandara udara.

Dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 144.392 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 87.880 Personel Polri, 13.287 personel TNI, serta 43.225 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain satuan polisi pamong praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan Instansi lainnya dan kekuatan personel tersebut akan di tempatkan pada 1.710 Pos Pengamanan dan 734 Pos Pelayanan serta 258 Pos Terpadu.

Dalam sambutannya Bupati Lamandau membacakan arahan Kepala kepolisian RI Drs Listyo Sigit Prabowo, bahwa seluruh lapisan harus bersinergi agar umat muslim dapat menjalankan ibadah Ramadhan dengan khusyuk dan puncaknya pada perayaan Idul Fitri serta masyarakat yang mudik berjalan lancar, aman dan sehat.

“Kejahatan dan gangguan kamtibnas sekecil apapun harus kita cegah dan antisipasi, untuk itu laksanakan operasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab, profesional dan humanis dengan dukungan penuh masyarakat, lakukan koordinasi dan kerjasama dengan satgas covid -19, dorong para pengelola tempat wisata pusat perbelanjaan dan tempat lainnya untuk menerapkan Aplikasi Peduli Lindungi, dan kuatkan peran masing-masing satgas untuk membantu pemerintah dan bekerjasama, bersinergi, dan solidaritas para pihak yang terlibat”, tegas Kapolri.

Turut Hadir Dandim 1017/LMD, Kajari Lamandau, Ketua PN Nanga Bulik, Ketua PA Nanga Bulik, Pejabat TNI Polri dan Instansi terkait lainnya. (Diskominfo Lamandau)

Total Page Visits: 60 - Today Page Visits: 1

Related Articles

Leave a Comment